Satu kali trip dapat tiga kota di Kaltim : Balikapapan, Samarinda dan Tenggarong (Kutai)

Kalimantan Timur beribukota di Samarinda, tapi penerbangan umumnya melalui Sepinggan, Balikpapan. Jadi kalau ke Samarinda ya sekalian bisa melihat kota Balikpapan juga. Perjalanan dari Balikpapan ke Samarinda bisa ditempuh dalam waktu kurang dari 2 jam, dan jalan yang dilalui cukup bagus serta agak berbelok-belok. Balikpapan itu seperti kota bisnis, sedang Samarinda lebih seperti pusat pemerintahan. Jadi lebih banyak hotel dan mal di Balikpapan dibanding Samarinda.

          Balikpapan

Samarinda sendiri merupakan kota yang dibelah oleh sungai Mahakam. Di kota ini yang namanya pelabuhan adanya di tepi sungai, dan di dalam kota. Banyak kapal lalu lalang di sungai ini termasuk yang mengangkut batubara untuk dibawa ke Jawa. Untuk menghubungkan kedua kota ada jembatan Mahakam yang panjang sekali, dan sudah cukup tua. Di sisi timur sedang dalam rencana pembuatan jembatan Mahakam II sehingga bisa memecah kepadatan lalu lintas.

          Samarinda

Suasana sore di Samarinda bisa dinikmati dengan duduk-duduk di tepian sungai Mahakam, bisa juga sambil menyantap buah Lai (sejenis durian) bila sedang musim.

                            Lai Durian

Saya juga berkesempatan mengunjungi jembatan gantung ala Golden Gate di Tenggarong, Kutai Kertanegara. Perjalanan dari Samarinda ke Tenggarong tidak terlalu jauh, tidak sampai 1 jam. Saat saya berfoto di jembatan ini, infonya jembatan ini baru 2 tahun diresmikan. Saya sempat melewati jembatan ini dan terkesan dengan desain dan keindahannya.

          Jembatan Kutai Kertanegara

Update 1 :

Kata orang Samarinda, sekali ada tamu yang minum air (yang diambil/diolah dari) sungai Mahakam maka dia akan datang lagi ke Samarinda. Saya diberi oleh supir mobil rental sebotol air kemasan yang katanya dari sungai Mahakam, dan dia bilang saya akan datang lagi ke Samarinda suatu ketika nanti. Saya hanya tersenyum dan tidak terlalu peduli mendengarnya. Tapi kebetulan atau tidak, tahun 2010 saya benar-benar datang lagi ke Samarinda. Sebagai oleh-oleh, inilah foto masjid besar yang diresmikan oleh presiden SBY dan dinamakan Islamic Centre.

            Masjid Islamic Center

                              Islamic Center Samarinda

Update 2 : jembatan Kutai Kartanegara rubuh pada November 2011 dan banyak kendaraan jatuh ke sungai serta ada korban jiwa maupun hilang. Turut prihatin akan musibah ini.

            Foto dari internet :
             Jembatan-kutai-kartanegara-rubuh

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s