Bumi Isen Mulang Palangka Raya

Palangka Raya (atau disambung penulisannya) adalah ibukota provinsi Kalimantan Tengah, masyarakat setempat menyebut juga sebagai bumi 'Isen Mulang' (pantang mundur) yang menggambarkan semangat pantang menyerah masyarakat Kalteng. Kota Palangkaraya berada di tengah-tengah pulau Kalimantan, sehingga akses kesana paling mudah tentu dengan pesawat terbang. Bandara disana bernama Tjilik Riwut, dan sungai besar yang membelah kota ini namanya sungai Kahayan.

          Sungai Kahayan

Arsitektur rumah dan bangunan asli Kalimantan Tengah cukup unik, terinspirasi dari rumah suku Dayak yang ada di pedalaman, dan kayu menjadi bahan baku yang mudah ditemui disini, termasuk kayu yang sangat keras yaitu kayu besi (kayu ulin).
          Rumah Khas Kalteng

Monumen burung Tingang. Update info yg saya kutip dari blog ini : burung Tingang merupakan satwa langka yang terdapat di hutan rimba Kalimantan. Tercatat sebagai keturunan burung yang hidup sejak ribuan tahun lalu. Sejak lama burung tingang memang sudah menjadi salah satu burung yang “dipuja” dibanyak kebudayaan kuno, termasuk suku Dayak di Kalimantan. Burung tingang pada beberapa kebudayaan kuno menjadi bagian ritual religi yang melambangkan kebebasan, kesucian dan mithologi. Burung yang dianggap memiliki kekuatan gaib oleh suku dayak ini, Kini ia termasuk dalam daftar hewan yang dilindungi karena terancam punah. Oleh karena itu hewan yang memiliki paruh yang cantik ini termasuk dalam satwa yang dilindungi di Indonesia. Burung Tingang ini memiliki ciri khas yang tersendiri antara lain; ukuran tubuh yang besar, kurang lebih dua kali ayam kampung dan memiliki paruh yang sangat besar menyerupai tanduk berwarna kuning gading, dari kepala sampai leher memiliki bulu yang seperti rambut manusia. Ekor memiliki warna yang memiliki makna tersendiri menurut orang dayak yaitu; putih,hitam dan putih. Dari kejauhan, burung ini dapat dikenali melalui suara yang parau lantang. Burung dengan ukuran tubuh yang sangat besar, dengan suara yang keras serta beberapa jenis memiliki warna tubuh yang mencolok, merupakan burung yang sangat jarang dijumpai.

          Monumen Burung

Pemandangan jalanan di kota Palangkaraya :

          Jalan di Palangkaraya

dan kuliner khas yaitu ikan patin bakar yang lezat :
                           
                              Patin Bakar

Saya juga sempat mendatangi tempat reintroduksi (pengenalan kembali) orangutan di Nyaru Menteng. Disini orang utan dipelihara dan dilatih untuk bisa hidup mandiri di hutan.

          Reintroduksi Orang Utan

Update : bulan Desember 2004 saat saya datang lagi ke Palangkaraya, ternyata sedang ada pemadaman listrik bergilir. Rupanya disebabkan oleh ulah oknum yang mencuri besi menara PLN sehingga banyak tiang yang rubuh dan perlu waktu lama untuk normalisasi kembali listrik di provinsi Kalteng. Tindakan yang sangat merugikan..

          Tower roboh

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s