Jambi, kota seribu ruko

Di tahun 2008 saya berkesempatan mengunjungi kota Jambi di provinsi Jambi. Sebetulnya yang menarik dari Jambi adalah suku anak dalam yang tinggal di pedalaman atau hutan-hutan di provinsi Jambi, tapi karena waktu yang terbatas saya hanya berkeliling kota Jambi dengan berbagai cara, mulai dari jalan kaki, naik ojek sampai pakai mobil. Bertepatan juga dengan bulan puasa saat saya di Jambi ini, sehingga buka puasa dengan kuliner dan jajanan pasar disini begitu berkesan.

          Kota Jambi

Kota Jambi dengan pembangunannya yang cukup pesat, kadang disebut juga kota seribu ruko, karena banyaknya ruko di daerah kota hingga pinggiran Jambi. Kota Jambi sendiri tidak terlalu besar, pusat kotanya berada di sekitar area pusat belanja Matahari dan hotel Abadi. Bandara sebagai pintu gerbang akses utama ke kota ini bernama bandara Sultan Thaha, bisa dibilang bandara yang cukup kecil dan tidak terlalu ramai. Plat nomor kendaraan di Jambi berkode BH, kadang dipakai bahan bercanda kalau di Jambi itu banyak BH berseliweran di jalan, memang benara adanya πŸ™‚

          Jajanan pasar jelang buka puasa di Jambi

Jelang waktu buka puasa, tiba saatnya saya mengunjungi arena jajanan pasar di Jambi, dekat daerah Kenali Jaya. Harganya murah, penjualnya pun ramah-ramah. Buka puasa yang berkesan, sayangnya saya agak kecewa keesokan harinya saat mendapat kabar di hotel tidak disediakan makan sahur, huhuhu… padahal hotel terkenal di Jambi lho..

          Menonton pesawat di Sultan Thaha

Saat jelang pulang ke Jakarta, saya sempat memotret dari dalam pesawat suasana pengantar yang melambaikan tangan pada keluarganya di pesawat, cukup mengharukan, seolah mereka juga mengucapkan salam perpisahan buat saya. Selamat tinggal Jambi, sampai ketemu lagi…

Leave a Reply

