Rehat sejenak di pulau Pari

Pulau Pari merupakan satu dari sekian banyak pulau di kepulauan seribu, Jakarta. Pulau ini bisa diakses dari Ancol maupun Tangerang, dengan waktu tempuh sekitar 2 jam kalau naik kapal nelayan seperti foto dibawah ini. Saat saya kesini ombak sedang tinggi sehingga perjalanan jadi lebih lama, yaitu 3 jam dan lebih seru (baca : tegang). Tapi setiba di pulau ini rasa lelah di jalan terbayarkan. Hamparan pasir putih yang indah dan bersih, air laut yang hijau kebiruan dan bayangan untuk bersenang-senang terhampar di depan mata. Kami menginap di rumah penduduk setempat dan sebagian teman yang lain membuka tenda di luar.

Dermaga pulau Pari

Di pulau Pari belum banyak mendapat sentuhan investor, sehingga keasliannya masih terjaga. Penduduk pulau ini mayoritas hidup dari melaut, dan karena masih dekat dari Jakarta maka kebutuhan sembako tidak jadi masalah disini. Listrik sepertinya bagus, saat saya disini sih stabil tidak 'nyala mati'. Ada satu masjid yaitu Al Ikhlas yang cukup besar.

Masjid Pulau Pari

Saya tidak akan banyak menulis panjang lebar, hanya berbagi beberapa foto yang bisa menggambarkan pulau Pari ini, seperti suasana pantai yang dipenuhi kapal nelayan sedang bersandar. Tampak anak nelayan sedang duduk manis di ujung sampan.

Anak nelayan

anak-anak di pulau Pari yang ramah menyambut kedatangan kami.

Anak-anak pulau Pari

Snorkling adalah daya tarik wisata di pulau Pari. Airnya yang jernih dan permukaan dasar laut yang dangkal membuat snorkling jadi mudah dilakukan bahkan oleh anak-anak sekalipun (satu peserta kami ada anak umur 8 tahun, tidak nampak di foto).

Snorkling

Puas snorkling, tak terasa haripun mulai gelap. Sayangnya sunset berada di balik pepohonan di pulau ini, karena posisi saya kebetulan ada di sebelah selatan pulau.

Jelang sunset

Kuliner malam yang serba ikan dan serba pedas..

Menu makan malam

Esok paginya saya berjalan-jalan ke pusat Penelitian Oseanografi LIPI, adanya di ujung barat pulau ini. Jalan kaki dari tempat saya menginap terasa singkat walau sebetulnya lumayan jauh. Sepanjang jalan saya melewati pemukiman penduduk dan ada juga nelayan yang sedang memanen rumput laut.

Penelitian Oseanografi LIPI

Pantai dengan pasir putih dan dedaunan merambat di kantor LIPI. Harusnya kalau mau foto sunset posisinya disini akan lebih indah dan dapat mataharinya, mungkin lain waktu deh..