Jelajah Banjarmasin, dari makan soto sampai jembatan Barito

Ibukota provinsi Kalimantan Selatan ini disebut-sebut punya andalan kuliner yang enak dan unik, sebutlah misalnya ketupat Kandangan, soto bang Amat, abon ikan patin dan nasi bungkus itik. Saya penasaran dengan soto bang Amat yang terkenal ini, dengan ditemani seorang kawan, saya diajak menyantap soto dan sate di pondok yang berada di tepi sungai. Tak disangka tempat yang cukup luas ini sudah ramai pembeli yang hendak makan siang, kamipun sempat kerepotan mencari tempat yang kosong untuk duduk.

                              Soto bang Amat

Soto dan sate bang Amat memang luar biasa, menurut lidah saya rasa dan sensasinya memang nikmat. Entah apa karena lapar, karena sugesti atau memang betul-betul enak, yang jelas kalau ditanya minimal saya bisa jawab pernah makan soto yang terkenal ini. Puas menyantap soto ini, kami beranjak untuk menjelajah kota dengan roda dua, dan sempat memotret masjid raya yang dibuat tahu 1981 ini.

          Masjid Raya Banjarmasin

Saya senang mengamati struktur jembatan di Kalimantan, bagaimana uniknya jembatan gantung di Tenggarong (walau akhirnya rubuh), jembatan di Palangkaraya dan tentu ingin tahu jembatan Barito di Banjarmasin seperti apa. Maka walau agak jauh dari kota, saya sempatkan untuk melihat jembatan berpenyangga kawat baja (suspended bridge) dan berfoto-foto diatasnya. Rupanya seperti di kota-kota lain, banyak juga anak muda yang sengaja berhenti di atas jembatan sambil menikmati view yang indah.

        Jembatan Barito

Di sekitar jembatan jelang senja juga ada anak-anak setempat yang bermain sepak bola :

          Barito sunset

Kunjungan saya ke Banjarmasin memang singkat, sebelum pulang saya dikenalkan dengan tempat kuliner bernama Tenda Biru (namanya mengingatkan pada sebuah lagu ya..) Hidangan khas disini adalah nasi bungkus itik, sesuatu yang unik dan khas sehingga patut untuk dicoba. Rasanya enak, bagi yang satu bungkus kurang kenyang jangan ragu untuk buka bungkus yang kedua ya. 🙂

          Nasi bungkus tenda biru

Leave a Reply

