1 day trip : Trekking ke Curug Cilember

Trip kali ini cukup singkat, tanpa menginap, yaitu ke curug Cilember di daerah Bogor. Curug ini bisa dicapai dari Taman wisata Matahari dan jalan menuju kesana sudah bagus, walau sempit. Kadang berpapasan dengan mobil lain sudah bikin saya harus menepikan mobil sampai pingir banget. Perlu waktu 2,5-3 jam untuk mencapai lokasi ini dari Jakarta. Curug Cilember terkenal akan banyaknya curug (persisnya ada 7 curug), lokasinya yang cukup mudah didatangi dan sebagian curugnya relatif mudah dicapai. Urutan curug yang pertama akan ditemui adalah curug 7, lalu bila naik lagi akan ketemu curug 6 dan seterusnya sampai curug 1 yang paling ekstrim dan jauh.

          Gapura Cilember

Selepas membayar tiket masuk, perjalanan dimulai dengan menapaki jalan dan tangga batu yang tersusun rapi.
        
          Welcome Cilember

Inilah peta penunjuk jalan yang juga dilengkapi foto-foto dari ketujuh curug di Cilember. Herannya di foto ini tidak ada curug 1, apakah terlalu sulit dicapai? Setelah berembug dengan teman-teman, kami memutuskan untuk mendatangi curug 7, curug 6 dan curug 5 saja. Tapi kalau ternyata masih ada waktu dan masih ada tenaga, kami akan coba pertimbangkan juga ke curug 4.

                            Peta Cilember

Inilah curug 7 Cilember, curug terdekat dari pintu gerbang, dan tentunya paling mudah dijangkau tanpa perlu perjuangan ekstra. Tak heran kalau disini terlihat sangat ramai pengunjung apalagi di hari libur. Saya beruntung sempat memotret curug sebelum dipenuhi banyak orang yang mandi dan berfoto-foto.

                                    Curug 7 Cilember

Perjalanan ke curug berikutnya langsung menuju curug 5 karena jalan menuju curug 6 ditutup, kabarnya medannya sulit dan jalan kesana juga rusak. Jalan kaki dengan kondisi tanah licin dan sering menanjak membuat ngos-ngosan juga, tapi tetap menyenangkan.

          Menuju Curug 5

Inilah penampakan curug 5, unik karena terlihat bertingkat-tingkat.

                            Curug 5 Cilember

Lapar dan haus saat mencapai curug 5? Tenang… ada warung yang lengkap disini, dengan penjualnya yang ramah.

          Warung di Curug 5

Saya akhirnya tidak melanjutkan trek ke curug 4 karena kaki rasanya sudah letih sekali. Apalagi semakin tinggi kita naik maka semakin sulit medannya, dan semakin jauh juga pulangnya 🙂

Akhirnya kami pun memutuskan turun meninggalkan curug 5. Sebelum meninggalkan area Cilember, saya sempatkan ambil foto-foto di hutan pinus yang banyak dijumpai tenda-tenda yang disewakan bagi yang ingin menginap.

                              Jembatan di Cilember

Pulangnya sama mampir ke restoran susu Cimory di samping Taman Wisata Matahari, sambil memandangi lokasi yang tadi saya datangi, tentunya tampak dari kejauhan ya.. Dari foto dibawah ini, kira-kira Cilember letaknya ada di tengah-tengah pegunungan ini. Jauh juga ya..

          Cilember dilihat dari Cimory

Advertisements