Ke Gardens By The Bay dan kejar sunrise di Merlion Park

Hore… ke Singapura lagi. Kalau tahun 2010 lalu saya kebingungan mau kemana dan malah blusukan ke kebun binatang, maka kali ini saya mau melihat-lihat kubah raksasa di dekat Marina Bay. Tempat yang bernama Gardens by the bay ini dinobatkan menjadi menjadi salah satu 'World Building of the Year' dalam acara World Architecture Festival 2012, dan tentu jadi kebanggan rakyat Singapur. Di lahan yang cukup luas ini berdiri dua kubah raksasa dengan kaca tembus pandang, dengan kubah pertama bernama Flower Dome (dari namanya kita tahu isinya adalah bunga, segala jenis bunga) dan kubah satunya adalah Cloud Forest (membuat hutan basah, lengkap dengan air terjun buatan). Bila tiket masuk ke kedua kubah ini terasa mahal ($28) maka pengunjung masih bisa menikmati wisata gratis di sekitar area kubah, termasuk memandang kemegahan Supertree Grove khususnya diwaktu malam.

          Penunjuk arah

Inilah kubah yang saya maksud, rangka baja dengan pelapis kaca yang membuat sinar matahari tetap bisa masuk tapi udara di dalam bisa dikondisikan dalam kelembaban dan suhu tertentu. Satu yang tidak saya duga sebelumnya, didalam kubah ini terasa dingin. Kebayang kan AC-nya pakai berapa PK? hahaha…

          The dome

Kubah pertama yang saya masuki adalah Flower Dome. Aneka macam bunga ditanam disini, termasuk bunga-bunga yang biasa tumbuh di padang pasir, sampai bunga tulip yang sayangnya belum mekar pada saat saya datang.

          Inside Flower dome

Di dalam kubah Cloud Forest, kita akan bertemu air terjun buatan yang cukup tinggi. Disini kubahnya lebih untuk membuat hutan buatan, yang selalu dibuat basah. Maka itu dimana-mana ditemui semprotan air yang terus-menerus mengeluarkan air dan uap basah, entah lama-lama apa bisa bikin paru-paru basah karenanya.

                            The fall

Kedinginan dan basah di dalam kubah ini, saya akhirnya cepat-cepat mencari pintu keluar dan memilih untuk menikmati udara sore di sekitar pelataran Super Tree sambil memandangi pohon-pohon buatan yang berukuran raksasa. Begitu hari menjadi gelap, pohon-pohon artifisial ini mulai menyala dan lebih menarik untuk difoto.

          Super Tree

Keesokan paginya, hari masih gelap saat saya dan teman-teman ingin mengabadikan sesuatu yang berbeda di daerah Merlion Park. Ya, ide memotret suasana matahari terbit di Merlion tentu menarik karena jarang ada yang melakukannya (setahu saya). Ternyata sesampainya disana ada orang lain yang juga sudah siap memotret matahari terbit, kelihatannya bukan turis tapi warga Singapur. Inilah foto yang saya dapat di pagi hari (masih gelap tentunya), namun dibuat lebih terang di olah digital.

          Sunrise

Saat matahari akhirnya terbit (dan kebetulan muncul persis di belakang ferrish wheel), langit pun mulai terang dan kali ini tak perlu diolah lagi di komputer, foto ini tampil apa adanya saja. Inilah sunrise di Singapura..

          jo-sunrise

Advertisements

2 thoughts on “Ke Gardens By The Bay dan kejar sunrise di Merlion Park

  1. Hei, mas nice story, heheheh, salah satu list saya adlh ingin menikmati sunrise di merlion park. Klo dari daerah bugis, transportasi umum ke merlion park sebelum fajar ada nggak mas? 🙂

    Terima kasih mas erwin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s