Jelajah Vietnam utara part II : Tam Coc, provinsi Ninh Binh

Provinsi Ninh Binh bisa dicapai dengan waktu tempuh 1,5 jam dari Hanoi. Disini ada beberapa kuil yang bisa dikunjungi, diantaranya Hoa Lu dan Bich Dong. Tpi kalau ditanya apa alasan utama orang datang kesini tentu jawabannya adalah Tam Coc, atau artinya tiga gua. Tam Coc merupakan wisata sungai, dengan menaiki sampan yang didayung oleh perempuan, dan umumnya mereka mendayung memakai kaki. Jarak tempuh di sungai ini 1 km pulang pergi, dan satu sampan bisa dinaiki 2-3 wisatawan. Di kiri kanan sungai ada tanaman padi, lalu ada gunung-gunung karst yang indah.

Gerbang Hoa Lu

Kuil Hoa Lu :

Kuil Hoa Lu

Selesai dari Hoa Lu, kami kembali naik bis dan menuju penginapan, yang kebetulan memang berlokasi dekat dengan dermaga sampan di Tam Coc. Saya dapat kamar di paling atas (lantai 9) dan view ke arah pusat keramaian terlihat cukup luas. Setelah menyimpan tas, saya kembali turun dan cukup menyeberang jalan sudah langsung tiba di sungai Tam Coc untuk memilih sampan yang mau saya pakai.

Aktivitas di Ninh Binh

Dan perjalanan menaiki sampan pun dimulai 🙂

Berangkat

Lihatlah, mendayung dengan kaki :

dayung sampan.

Narsis dulu :

narsis dulu

Dari foto diatas dan dibawah ini tampak sungai yang dilalui menembus celah atau gua alami, dan celah ini cukup rendah, hampir kena kepala saya.

Lewat gua Tam Coc

Lewat gua Tam Coc

Sungguh pengalaman yang menyenangkan, walau agak sedikit sebal dengan episode jualan di sampan, dimana si pendayung memaksa saya membeli kaos dan sejenisnya dan kalau saya menolak dia seperti mendayung dengan ogah-ogahan. Dari Tam Coc perjalanan dilanjutkan pakai bis menuju kuil Bich Dong, sebuah kuil yang dibangun di gunung batu. Jadi tentunya kami harus menaiki banyak anak tangga, lalu masuk ke tempat semacam gua hingga tiba diatas.

Gapura ke kuil

Hebat juga ya bisa bikin kuil di posisi yang sesulit ini :

Bich Dong

Cerita lanjutan berikutnya akan membahas perjalanan saya ke Halong Bay.

Leave a Reply

