Andalan wisata Pangalengan : Situ Cileunca dan kebun teh Malabar

Selatan Bandung. Yang terbayang adalah daerah pegunungan nan sejuk dan tak kalah asyik untuk wisata, apalagi bila sudah bosan ke utara Bandung atau pusat kotanya. Kalau kita lebih akrab dengan daerah Ciwidey dengan kawah putih dan situ Patenggang-nya, maka sebetulnya ada satu destinasi wisata lagi yang tak kalah bagus yaitu ke Pangalengan, yang berjarak sekitar 45km di selatan Bandung. Disini kita akan menemukan banyak hal menarik seperti kebun teh Malabar dan situ Cileunca. Di Pangalengan juga terkenal akan industri susu sapi dengan nama yang kita kenal dengan KPBS, sring dijual dalam bentuk cup kecil dengan aneka rasa. Beberapa kilometer sebelum sampai di Pangalengan juga ada tempat kemping terkenal yaitu di gunung Puntang.

                        wisata pangalengan

Yang unik dari kebun teh Malabar adalah adanya wisma Bosscha, yaitu rumah bersejarah tempat tinggal Bosscha (pembuat teropong bintang di Lembang) yang kini dikembangkan jadi semacam penginapan. Di rumah inilah dahulu Bosscha tinggal cukup lama, mengembangkan kebun teh disekitarnya yang membuat masyarakat setempat menghormati jasa beliau. Bangunan bergaya Belanda ini masih dipertahankan sampai sekarang, termasuk isi perabotan di dalamnya. Di dekat wisma ini juga ada tempat peristirahatan terakhirnya yang dikenal dengan makam Bosscha.

Foto rumah Bosscha :

          Wisma Bosscha

Kebun teh Malabar :

          Bukit Nini


Kebun teh Malabar terletak di ketinggian 1500m DPL, dengan koordinat 7 derajat 13' LS dan 107 derajat 34' BT. Setelah melewati pasar Pangalengan dan Secata (sekolah calon tentara), maka kita akan ketemu dengan gapura Malabar. Dengan mobil kecil sebetulnya bisa menjelajah area kebun teh ini sampai ke puncaknya yaitu di bukit Nini. Disana akan ditemui semacam saung atau lebih tepat disebut gardu pandang, dan sebuah tower seluler (lihat foto diatas). Saya lebih suka menaiki mobil sampai jarak tertentu dan melanjutkan ke puncaknya dengan jalan kaki. Cuaca di pagi hari umumnya cerah, tapi siang hingga sore sering turun kabut. Menurut penduduk disana, di malam hari saat langit cerah di bukit Nini kerap dipakai untuk foto-foto bintang.

          Kebun teh Malabar

View dari puncak bukit ini sangat indah. Selain terhampar pemandangan kebun teh yang dikelola oleh PTPN VIII, juga bisa melihat berbagai tempat yang jauh seperti KPBS dan situ Cileunca.

          Hamparan kebun teh

Puas menikmati kebun teh Malabar, keesokan harinya saya dan rekan-rekan melanjutkan perjalanan ke situ Cileunca. Hari masih gelap saat itu, selepas subuh kami sudah berangkat untuk menuju situ Cileunca. Setelah bernegosiasi dengan pemilik perahu, kamipun memesan dua perahu untuk mengelilingi situ buatan (dibuat tahun 1919-1926) seluas 14.000 m2 ini.

          Perahu Cileunca

Perjalanan dengan perahu ini sungguh berkesan. Suasana jelang sunrise yang masih dingin dan gelap, disekitarnya terasa sepi dengan deretan pohon pinus setia menemani setiap menit dari perjalanan di perahu ini. Kami berharap bisa mendapati sunrise dari balik tanggul di akhir perjalanan perahu, yang menjadi pembatas antara situ Cileunca dengan situ Panunjang.

          Pagi di Pangalengan

Di daerah ini sebetulnya juga ada wisata rafting di sungai Palayangan namun kami tidak mencobanya. Di perjalanan kembali dengan perahu yang sama, mulai ada pencari ikan yang berdiri di atas rakit dan memakai jala. Tentunya momen tebar jala yang dilakukan nelayan ini jadi obyek menarik untuk difoto.

          Nelayan Cileunca

Puas sudah saya menikmati indahnya daerah selatan Bandung ini. Kebun teh yang menyejukkan mata, dan indahnya situ Cileunca di pagi hari sejenak berhasil menghilangkan penatnya bekerja di ibukota. Sayang kami harus kembali ke Jakarta dan sebagai bonus trip, di perjalanan pulang kami masih menyempatkan untuk main ke bendungan Jatiluhur karena ingin (mencoba) berburu sunset. Hasilnya agak mengecewakan karena mataharinya terhalang awan, tapi namanya juga bonus jadi tidak masalah, hehe…

          Jatiluhur sunset

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s