Berpetualang dari Tasik sampai Ciamis : dari Kampung Naga, Karang Tawulan sampai Batukaras

Kali ini seklumit cerita dari petualangan saya ke daerah Tasik dan Ciamis Jawa Barat. Sebenarnya agak malu buat saya untuk cerita karena sampai saat ini baru sekarang saya bisa mengunjungi sebuah kampung adat yang terkenal akan keunikan budayanya yaitu Kampung Naga. Tujuan jalan-jalan kali ini selain ke Kampung Naga, juga ingin mengenali rute jalan yang tidak begitu banyak dilalui orang, yaitu jalur selatan Jabar. Di selatan Tasik ada pantai yang juga kurang begitu populer yang bernama Karang Tawulan, padahal pantai ini elok dengan karangnya yang besar dan ada pulau Nusa Manuk di dekatnya. Perjalanan direncanakan untuk diteruskan ke Cijulang, Pangandaran untuk melihat pantai disana, sekaligus menyusuri sungai Cukang Taneuh, atau yang lebih dikenal dengan sebutan Green Canyon on West Java.

aIMG_8070

Perjalanan ke Kampung Naga dimulai dari Jakarta lewat tol Cipularang, lalu melewati kota Garut dan lanjut menuju desa Salawu, Tasik. Setiba di lokasi, kami menemui seseorang yang menawarkan jasa pemandu untuk berkeliling kampung. Mengingat kami belum paham kondisi disana, dan adanya daerah tertentu yang dilarang untuk difoto, maka kami pun memakai jasa pemandu yang juga warga kampung Naga. Perjalanan kesana dimulai dengan menuruni 400 lebih anak tangga, sampai terlihat aliran sungai dan tibalah kami di dalam kampung Naga.

aDSC_3944

Soal kampung Naga sendiri sudah cukup banyak dibahas di berbagai media, misalnya bagaimana masyarakat menjaga tradisi dan adat, termasuk dalam desain rumah yang unik dan tidak ada listrik PLN. Disini juga pada dasarnya bukan desa wisata, tidak ada tiket masuk untuk mengunjungi tempat ini. Jadi kami pun laksana bertamu ke kampung orang, yang harus menjaga etika dan sopan santun.

aDSC_3996

Ke Karang Tawulan

Puas menjelajah Kampung Naga, kami bergegas ke arah selatan Tasik menuju pesisir selatan pantai Jabar. Memang yang terkenal di Tasik adalah pantai Cipatujah, tapi kami sengaja ingin mengunjungi sebuah pantai yang tak begitu banyak dikenal orang, yaitu pantai Karang Tawulan. Rute yang ditempuh cukup jauh, sekitar 94 km dari Tasikmalaya dan melalui jalan kelas kabupaten yang relatif baik, namun cukup sempit dan berkelok-kelok, Tidak banyak ditemui tempat bisnis disini, selain sebuah pom bensin di Cikatomas dan satu lagi di Cikalong.

Tasik - Kr Tawulan

Cikatomas

aIMG_8106

Tiba di Karang Tawulan

aIMG_8126

Pantai Karang Tawulan, sebuah pantai dengan banyak karang besar yang indah, dan sebuah pulau kecil bernama Nusamanuk di dekat pantai ini menambah keunikan pemandangan disini.

aDSC_4044

View pulau Nusa Manuk dilihat dari pantai :

aDSC_4154

view dari satelit sebagai pembanding :

Sat view

Jangan harapkan restoran atau penginapan yang oke di daerah selatan Tasik ini, kami pun harus menyusuri jalanan sepanjang tepi pantai ke arah Pangandaran untuk melanjutkan petualangan sekaligus mencari makan dan penginapan. Kembali Veloz matic putih kami harus menempuh jalan yang kadang jelek, agak was-was karena rute seperti ini pada dasarnya kurang cocok untuk mobil dengan transmisi matic.
Setelah menempuh jarak 32 km selama 2 jam kami akhirnya tiba di Cijulang, dan melanjutkan perjalanan ke pantai Batukaras untuk menginap.

Tawulan - Batukaras

Kawasan Batukaras adalah kawasan wisata, jadi ada loket retribusi untuk masuk kesana.

aIMG_8164

Pantainya :

aDSC_4304

Surf (yang difoto ini bukan saya)

aDSC_4408

Kembali view satelit untuk pembanding

Sat view2

Lelah, kami pun menginap di vila Monyet yang tidak ber AC, tapi kamarnya cukup unik :

aDSC_4485

Keesokan harinya kami menikmati sunrise :

aDSC_4553

Setelah sunrise, agenda terakhir adalah berwisata ke Green Canyon, Cukang Taneuh, Disini adalah andalan wisata Batukaras yang memerlukan perahu untuk mencapai satu titik yang bernama Green Canyon. Perjalanan di perahu kurang lebih 30 menit.

aDSC_4746

Aneka perahu dengan atap dan motor tempel :

aDSC_4737

Tiba di green Canyon, kita bisa berenang dengan bantuan pelampung,.

aDSC_4654

Tiba saatnya untuk pulang. Rutenya sedikit berputar yaitu ke Pangandaran dan kemudian ke Banjar. Dari Green Canyon ke Banjar kira-kira 100 km dan sesampai di Banjar tinggal ikuti rute jalur utama ke Bandung. Lelah, seru, senang bercampur jadi satu..

Batukaras - Banjar

Advertisements