Share perpanjangan paspor online di Imigrasi Tangerang

Kali ini saya ingin berbagi pengalaman tentang memperpanjang paspor secara online dan bagaimana mengurusnya di kantor imigrasi Tangerang. Singkat cerita paspor saya akan habis masa lakunya bulan Mei 2015 dan seorang rekan menyarankan untuk mengurus perpanjangan secara online melalui situs resmi imigrasi.go.id.

Prosesnya bisa dibilang cukup mudah, tapi memang harus bertahap :

  1. Mengisi Aplikasi Layanan Online (pra permohonan) melalui link ini.
  2. Menerima email berisi dokumen untuk dicetak dan dibawa ke BNI.
  3. Datang ke BNI membayar Rp. 355.000 dan mendapat tanda terima.
  4. Buka email yang sebelumnya diterima, klik link yang ada di email untuk melanjutkan proses.
  5. Dari link yang di klik akan masuk ke web imigrasi, lalu kita mengisi nomor jurnal (ada di tanda terima BNI) dan memilih jadwal kunjungan ke kantor imigrasi.
  6. Dapat email kedua berisi undangan dan form, keduanya perlu dicetak dan dibawa ke imigrasi.
  7. Datang pada waktu yang tertera di undangan dengan membawa dokumen yang disyaratkan.

Kalau saya jabarkan lagi, poin 1 adalah proses yang cukup penting dan tidak boleh salah input seperti nama, tanggal lahir dsb. Pengalaman saya saat mengisi poin 1 :

  • karena memang akan memperpanjang, saya pilih Penggantian-habis berlaku
  • hanya ada pilihan paspor 48 halaman, harga 355rb
  • tidak perlu upload dokumen apapun (sistem baru)
  • harus memilih kantor imigrasi yang kita mau (saya sempat bimbang antara Tangerang dan Jakarta Barat)
  • kadang server menolak pengajuan kita, bila di halaman seperti gambar di bawah ini tidak muncul tanggal tersedia (terjadi masalah), maka proses tidak bisa lanjut -> solusi, coba lagi di jam tidak sibuk
Paspor online masalah

Tanggal yang tersedia harusnya muncul dalam bentuk list, bila tertulis terjadi masalah maka proses tidak bisa dilanjutkan

Hal tambahan :

  • segera bayar setelah terima email pertama (maks 5 hari)
  • bayar di teller bank BNI, bukan di ATM BNI, ada biaya admin 5000
  • simpan baik-baik bukti bayar / tanda terima dari BNI
  • email kedua berisi undangan dan form, cetak semuanya dan isi form dengan tulisan tangan

Datang ke Imigrasi Tangerang

Ini hal baru buat saya, walau relatif dekat dari rumah, tapi saya baru kali ini mendatangi kantor Imigrasi yang letaknya di pusat pemerintahan kota Tangerang ini. Saya tiba jam 6 pagi, tampak sudah ada antrian untuk mereka yang walk-in (bukan online) karena memang di imigrasi Tangerang dibatasi hanya 50 orang per hari bagi yang walk-in.

Copyright : Google Street View

Copyright : Google Street View

Ingat, untuk kelancaran selama foto, gunakan kemeja rapi dan tidak berwarna putih serta dilarang bercelana pendek.

Dokumen yang sudah saya siapkan :

  • KTP, KK, buku nikah, paspor lama : asli dan fotokopi di kertas A4
  • Ijazah (buat jaga-jaga aja)
  • bukti bayar BNI dan undangan, serta form
  • bawa materai 6000, tapi di koperasi juga jual kok

Jam 7.30 pintu dibuka, yang melalui online masuk lebih dulu (saya lihat tidak sampai 15 orang), diberi map kuning gratis,  diarahkan ke customer service untuk diberi nomor antrian. So far proses berlangsung tertib dan sedikit antri karena semua kelengkapan dokumen dicek ulang oleh petugas. Dapat nomor antrian :

Antrian

Nomor antrian untuk foto dan wawancara

Ternyata saya harus ke koperasi untuk minta form surat pernyataan, disini agak berdesakan karena campur sama yang fotokopi dan beli materai. Surat pernyataan ditempel materai dan digabung dengan dokumen lainnya.

Tepat jam 8 pagi ada sambutan selamat datang dari pihak Imigrasi, dengan ramah petugas wanita tersebut menjelaskan tata cara wawancara dan foto serta mengingatkan lagi dokumen yang perlu disiapkan.

Karena dapat antrian ke-5, saya sudah bisa wawancara jam 8.30 pagi (wow..). Setelah difoto dan wawancara, saya pun boleh pulang (ya, pulang sebelum jam 9 pagi !!) dan boleh kembali 3 hari kerja untuk mengambil paspor.

Saat mengambil paspor, jangan lupa bawa undangan dan bukti bayar BNI. Di undangan ada barcode yang bisa di-scan untuk mendapat nomor antrian pengambilan paspor. Bagi yang masih perlu paspor lama (misal karena visa masih berlaku) tinggal bilang ke petugas pengambilan, nanti ada surat pernyataan bermaterai dan paspor lama bisa kita bawa pulang juga.

Kesan saya terhadap semua proses ini :

  • sistem online secara keseluruhan tidak banyak kendala (selain issue yang tidak bisa submit karena tanggal tersedia terjadi masalah), email beserta lampiran masuk tanpa kendala dan di BNI juga prosesnya mudah
  • kantor imigrasi Tangerang saya anggap punya pelayanan yang baik, petugasnya ramah dan informatif dan tempat menunggu juga nyaman (saya bandingkan dengan imigrasi Jakbar yang termasuk gedung lama)
  • sistem online ini konsepnya bayar dulu, urus belakangan (beda dengan walk-in yang urus dulu, bayar kemudian) jadi mau online atau walk-in silahkan terserah anda..

Sekian sharingnya, semoga berguna..

Leave a Reply

